Wednesday, March 8, 2017

Google Siapkan Divisi Robot

Google Siapkan Divisi Robot


Google Siapkan Divisi Robot - Google seakan tak pernah puas berinovasi. Setelah sukses dengan Google Glass dan mobil pintar, perusahaan raksasa ini dikabarkan ingin menciptakan divisi robot. Inisiatif ini datang dari mantan pejabat tinggi di Google Android, Andy Rubin.
Divisi robot Google memang belum mulai dibangun. Namun, sebagai langkah awal, selama enam bulan terakhir, Google telah mengakuisisi beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri di bidang robotika. Setidaknya ada tujuh perusahaan robotika yang sudah diakuisisi Google.
Beberapa perusahaan yang telah diakuisisi antara lain Industrial Perception yang berfokus pada bidang robotika, khususnya spesialis dalam penanganan paket. Lalu, ada juga Schaft dan Meka, perusahaan pembuat robot mirip manusia dan memiliki kemampuan seperti manusia.
Gary McMurray, direktur sebuah asosisasi industri di Institute Technology Georgia bidang robotika dan intelijen mesin, mengatakan tak sulit menebak apa tujuan Google mengakuisisi perusahaan-perusahaan robotika tersebut.
"Mereka ingin menggunakan robot untuk pemasaran atau proses manufaktur, bukan untuk meningkatkan pangsa pasar," kata McMurray kepada ABC News, Kamis, 5 Desember 2013.
Terlepas dari bagaimana akhirnya robot akan digunakan, baik Rubin maupun Google tampaknya akan segera merealisasikan hal tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan The New York Times, Rubin mengatakan bahwa robotika akan jadi proyek jangka panjang. "Kami perlu memikirkan faktor waktu dan visi 10 tahun ke depan," kata dia.
CEO Google Larry Page menyatakan keyakinannya pada Rubin untuk bisa memimpin proyek robotika. "Ini adalah taruhan besar. Android adalah ide gila yang menyematkan komputer super canggih ke dalam jutaan perangkat," kata Page. Ia mengaku hal ini masih terlalu awal untuk dibicarakan, namun ia tak sabar melihat perkembangannya nanti.
Perusahaan-perusahaan besar lain juga telah menggunakan robot dalam pengembangan bisnis mereka. "GE adalah perusahaan pertama yang masuk ke bidang robotika," kata McMurray. Lalu, dia melanjutkan, ada juga Amazon, yang membangun perusahaan robotikanya sendiri, bernama Kiva Systems, untuk mendorong bisnis warehousing.
Jadi, Google bukanlah perusahaan pertama yang menggunakan robot. "Google adalah perusahaan yang sangat berpikiran maju," ujar McMurray. Terima kasih - Google Siapkan Divisi Robot 


Available link for download